advertisement

Menyongsong Piala AFC: Persipura Jayapura Mendepak 1 Pilar, Alasannya Perkara Indisipliner

Tuesday, June 8th, 2021 - Trending
advertisement

Nahkoda Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mau tidak mau harus mengambil sikap tegas kepada Josse Maniagasi. Sang juru latih mendepak pilar muda itu lantaran dianggap sudah melanggar kode disiplin tim.

“Saya harus tegas untuk aturan yang terkait kedisiplinan pemain. Ini juga telah diatur manajemen. Jadi saya tak ragu mencoret Josse Maniagasi,” kata Jacksen.

Keputusan pendepakan ini diadakan pelatih asal Brasil itu, saat klub asal Jayapura itu datang di Kediri, Sabtu (05/06/2021) pagi waktu setempat atau beberapa jam sebelum Persipura menjalani duel uji tanding meladeni Persik Kediri.

“Setelah mencoret Josse, saya laporkan ke Manajer Tim. Saya terima kasih, karena manajemen mendukung keputusan ini. Sebenarnya ini cukup mengganggu tim, karena kami akan melawan Persik,” tuturnya.

Setelah dieleminasi dari klub, manajemen langsung memulangkan Josse ke Jayapura. Selain sang pemain, ungkap eks arsitek Barito Putera itu, sesungguhnya ada dua punggawa lain yang terindikasi indispliner. Tetapi, sang juru latih enggan menyebut jati diri anak didiknya tersebut.

“Dampaknya cukup signifikan terhadap tim. Karena ini merusak skenario saya untuk menghadapi Persik. Akibatnya, saya tak bisa memainkan dua pemain lain yang saya hukum itu. Padahal uji coba ini untuk pematangan taktik,” ujarnya.

Menurut arsitek berusia 53 tahun itu yang notabene sang pelatih perkara indispliner ini turut berdampak pada persiapan Mutiara Hitam ke Piala AFC.

“Masalah sekecil apapun tetap punya pengaruh. Secara teknis sih tidak, karena peran Josse di tim tak begitu sentral. Tapi dampak psikologis ada,” kata Jacksen.

“Karena saya ingin tim ini terus kondusif hingga berangkat ke Piala AFC. Semoga ini jadi pelajaran bagi pemain lain,” ucapnya.

advertisement
Menyongsong Piala AFC: Persipura Jayapura Mendepak 1 Pilar, Alasannya Perkara Indisipliner | admin | 4.5