advertisement

Mencatat Banyak Penyelamatan, Kiper Muda Persebaya Surabaya Semakin Berkembang Bareng Klubnya

Wednesday, September 15th, 2021 - Trending
advertisement

Kesuksesan Persebaya Surabaya menang 3-1 atas Persikabo 1973 pada Sabtu (11/09/2021), tidak cuma lahir dari tajamya sektor serang. Ada satu nama yang pula menjadi sorotan dalam laga pekan kedua kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 itu.

Dia adalah kiper muda, Ernando Ari Sutaryadi. Sang penjaga gawang mengadakan sebanyak tujuh penyelamatan pada duel itu. Cuma satu sepakan yang tidak berhasil diamankannya, yaitu eksekusi penalti Ciro Alves yang berbuah gol.

Sebelumnya, penjaga gawang berusia 19 tahun ini menjadi target kekecewaan Bonek, pendukung Bajol Ijo, akibat kekalahan 1-3 dari Borneo FC pada pekan perdana. Dia dianggap sebagai biang kekalahan, apalagi itu merupakan duel debutnya di ajang kasta teratas Indonesia itu.

“Lawan Borneo sepertinya menjadi pembelajaran yang baik buat dia (Ernando). Mentalnya terbentuk. Saya juga ingatkan untuk fokus ke laga selanjutnya,” kata Benyamin van Breukelen, pelatih kiper Persebaya.

Sesungguhnya, pertandingan debut itu tidak sangat buruk buat kiper asal Semarang itu yang mencatatkan empat penyelamatan. Masalahnya, dia tidak berhasil menahan tiga sepakan lain yang berserang ke gawang tim asal Kota Pahlawan tersebut.

Juru racik Persebaya Surabaya, Aji Santoso, pernah membela bahwa gol-gol yang masuk ke gawangnya itu bukanlah kesalahan penjaga gawang berpostur tinggi 178cm itu. Secara permainan, sektor bertahan Persebaya memang bermasalah sehingga gampang dibobol.

Kesalahan itu kemudian dibayar tuntas oleh eks kiper Timnas Indonesia U-16 itu yang bermain mengesankan meladeni Laskar Padjajaran. Pada umur yang masih muda, dia menyatu dengan lini belakang Bajol Ijo yang diisi pilar senior, sebut saja Arif Satria dan Alie Sesay.

Ernando Ari bisa menggagalkan tiga kesempatan emas Ciro Alves dan rekan-rekan dari delapan sepakan yang mengarah ke gawangnya. Kalau tidak ada penalti, sang kiper berkesempatan mencatatkan clean sheet.

Benyamin van Breukelen merasa penjaga gawang muda Persebaya Surabaya ini sudah memperlihatkan perkembangan penting usai melampaui duel debut yang kurang bagus. Dia terus termotivasi untuk mampu berkontribusi buat klub kebanggaan Bonek dan Bonita itu.

“Dia juga punya inisiatif untuk memperbaiki diri. Dan harus seperti itu. Meskipun menang dia tetap saya ingatkan untuk tetap fokus dengan laga selanjutnya. Perjalanan dia masih panjang,” ucap pelatih yang akrab disapa Benny itu.

Selain kiper bernomor punggung 21 di Persebaya Surabaya itu yang bermain cemerlang, duo Alie Sesay dan Arif Satria pula memberi keamanan bagi gawang Bajol Ijo. Kedua pilar itu cuma membikin total tiga pelanggaran, relatif sedikit untuk ukuran punggawa bertahan yang wajib menyetop penyerang musuh.

Mereka pula mengadakan total lima sapuan yang menghindarkan ancaman dari gawang yang dikawal Ernando Ari.

advertisement
Mencatat Banyak Penyelamatan, Kiper Muda Persebaya Surabaya Semakin Berkembang Bareng Klubnya | admin | 4.5