advertisement

Stefano Cugurra Teco Khawatir Kualitas Ajang Drop Kalau Liga 1 Tidak Ada Degradasi

Monday, May 10th, 2021 - berita bola
advertisement

Juru racik Bali United, Stefano Cugurra Teco, tidak sependapat dengan konsep PSSI untuk menghelat Liga 1 2021/2022 tidak ada sistem degradasi. Menurut sang pelatih, faktor itu akan memengaruhi kualitas sepak bola Indonesia.

Komite Eksekutif (Exco) PSSI memutuskan ajang kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim 2021/2022 dihelat tanpa sistem ajang. Keputusan itu diambil usai mendengarkan aspirasi dari mayoritas tim kontestan.

Dasar pertimbangan Exco PSSI adalah situasi Corona yang masih berlangsung di Indonesia sehingga berdampak pada berbagai aspek di tim sepak bola. Jadi, musim depan Liga 1 bakal diikuti 20 orang yang terdiri dari 18 tim musim ini plus juara dan runner-up Liga 2 2021/2022.

“Saya pikir tidak bagus. Klub Liga 2 juga tentu berusaha untuk bisa naik tiga tim ke Liga 1. Kita semua tahu sepak bola Indonesia sudah tidak ada selama setahun. Jika tanpa degradasi, tentu berpengaruh pada kualitas sepak bola Indonesia,” kata Teco.

Selain itu, pelatih asal Brasil itu minta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menghelat turnamen lain yang mengiringi Liga 1 2021/2022. Faktor itu diadakan supaya mampu menghidupkan kembali atmosfer sepak bola Tanah Air.

“Sebaiknya bisa dilaksanakan kompetisi yang lebih lama dan bila perlu ada turnamen lain lagi. Agar bisa punya sepak bola yang hidup kembali,” ucap Teco.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut Exco PSSI cuma memutuskan untuk melenyapkan sistem degradasi pada ajang kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim 2021/2022. Tetapi, keputusan akhirnya nanti bakal diambil pada Kongres Tahunan PSSI.

“Exco PSSI sebatas memutuskan dalam rapat Exco pada 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini ke dalam kongres tahunan,” ucap Yunus Nusi.

“Nantinya, kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi yang akan memutuskan karena terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 pada musim depan,” tegas Yunus Nusi.

advertisement
Stefano Cugurra Teco Khawatir Kualitas Ajang Drop Kalau Liga 1 Tidak Ada Degradasi | admin | 4.5