advertisement

Peta Persaingan Persipura Jayapura di Ajang Piala AFC 2021: Ladeni Musuh yang Tidak Gampang

Wednesday, June 9th, 2021 - berita bola
advertisement

Persipura Jayapura bakal bermain mewakili Indonesia di Piala AFC 2021. Pencapaian itu dipetik lewat jalur posisi ketiga Liga 1 2019.

Klub asal Jayapura itu menggantikan PSM Makassar yang menjadi juara Piala Indonesia 2018/2019. Jatah Juku Eja diambil alih Mutiara Hitam lantaran klub asal Makassar itu tidak lolos licensing AFC.

Keberuntungan kembali menaungi Mutiara Hitam. Sejatinya, Boaz Salossa dan rekan-rekan wajib lewat jalur play-off Zona ASEAN dengan meladeni pemenang laga Vishaka (Kamboja) melawan Lalenok United (Timor Leste).

Tetapi, mundurnya dua wakil Myanmar yaitu Shan United dan Ayeywady United lantaran situasi politik di negara itu, membikin Mutiara Hitam dinyatakan lolos langsung.

Tim besutan Jacksen F. Tiago itu akhirnya terlabuh di Grup H bareng Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam).

Seluruh musuh itu belum sempat meladeni Mutiara Hitam. Padahal, mereka adalah nama-nama yang kerap bermain di Piala AFC.

Kedah Darul Aman lolos ke Piala AFC 2021 berkat pencapaian posisi ketiga Liga Super Malaysia 2020. Sejauh ini, Kedah Darul Aman sudah dua kali bermain di Piala AFC dengan pencapaian terbaik adalah perempat final pada edisi 2008.

Sementara itu, bagi Saigon FC musim ini adalah performa debut mereka di Piala AFC 2021. Saigon FC melaju ke Piala AFC berkat petikan posisi ketiga V-League 2020.

Persaingan yang ketat akan diladeni Mutiara Hitam dari Lion City Sailors. Tim Singapura itu sudah 10 kali bermain di Piala AFC dengan pencapaian terbaik adalah semifinalis pada edisi 2004.

Piala AFC bukan ajang yang asing buat Mutiara Hitam. Persipura tercatat sudah tiga kali bermain pada ajang elite Asia itu.

Debut Mutiara Hitam di Piala AFC terjadi pada musim 2011. Waktu itu, Persipura Jayapura secara mengagetkan bisa melesat hingga perempat final, tetapi takluk dengan agregat 1-3 dari wakil Irak, Erbil.

Mutiara Hitam kemudian kembali bermain di Piala AFC 2014. Mereka kembali melesat dan bisa menembus semifinal. Tetapi, Persipura wajib tersisih usai tumbang dengan agregat 2-10 dari tim Kuwait, Al-Qadsia.

Adapun performa terakhir Mutiara Hitam terjadi pada Piala AFC 2015. Saat itu Persipura takluk WO pada 16 besar dari tim Malaysia, Pahang FC.

– 29/6/2021 – Kedah Darul Aman Vs Persipura Jayapura.
– 02 Juli 2021 – Persipura Jayapura Vs Lion City Sailors.
– 05 Juli 2021 – Saigon FC Vs Persipura Jayapura.

advertisement
Peta Persaingan Persipura Jayapura di Ajang Piala AFC 2021: Ladeni Musuh yang Tidak Gampang | admin | 4.5