advertisement

Persib Bandung Disindir Memiliki 8 Pilar Asing, Seperti Ini Tanggapan Juru Racik Pangeran Biru

Wednesday, September 22nd, 2021 - berita bola
advertisement

Persib Bandung menjadi klub yang dijagokan menjadi jawara kompetisi BRI Liga 1 2021/2022. Alasannya, Pangeran Biru dianggap memiliki delapan punggawa asing, meskipun empat di antaranya sudah berstatus naturalisasi, yaitu Marc Klok, Ezra Walian, Esteban Vizcarra, dan Victor Igbonefo.

Beberapa klub musuh menilai Maung Bandung layak menjadi kampiun. Bahkan Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, berseloroh ‘keterlaluan’ kalau sampai tidak juara.

Meskipun begitu, juru racik Persib Bandung, Robert Alberts, tidak merasa terbebani dengan sentilan atau sindiran skuatnya punya delapan pilar impor.

Kepada awak media sesudah sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Senin (20/09/2021), nahkoda berusia 66 tahun ini mengaku tidak merasa terbebani dengan sindiran itu.

“Tidak sama sekali. Saya rasa ada dua kategori di sana. Jika melihat pemain seperti Victor Igbonefo, berapa lama dirinya bermain di sini dan sejak kapan dia mendapatkan paspor Indonesia, itu sudah bertahun-tahun yang lalu,” jelas Robert Alberts.

“Jadi memang dia lahir di luar tapi gaya bermainnya sudah bisa dikatakan seperti pemain Indonesia. Begitu juga dengan Esteban Vizcarra, berapa lama dia berada di sini,” tambah pelatih Persib Bandung asal Belanda itu.

Tetapi, menurut juru taktik asal Belanda itu, Marc Klok memang berbeda sebab baru memperoleh status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) atau naturalisasi belum lama ini.

“Jadi oke, dia bisa dikatakan sebagai pemain asing, tapi kami memasukan mereka berdasarkan regulasi. Artinya mereka adalah pemain Indonesia yang sah didaftarkan sebagai lokal. Bisa dikatakan mereka pemain asing, tapi tidak pada prinsipnya,” cetus Robert.

Arsitek Persib Bandung ini tidak merasa terbebani dengan sindiran itu dan tetap fokus untuk memandang duel di kompetisi BRI Liga 1 2021/2022, terlebih Maung Bandung bakal berlaga meladeni Borneo FC.

“Rabu (22/9/2021) kami akan berangkat karena pertandingannya Kamis (23/9/2021), jadi kami tetap fokus dengan membawa 24 pemain karena kami ada pertandingan lainnya setelah itu,” tutur Robert.

Sementara itu, juru racik berusia 66 tahun ini cukup puas lantaran lima punggawa yang dipanggil mengikuti TC Timnas Indonesia tetap mampu membela Maung Bandung saat meladeni Pesut Etam pada duel jornada keempat ajang kasta teratas Indonesia musim 2021/2022, Kamis (23/09/2021).

Lima punggawa Pangeran Biru dipanggil ke Skuad Garuda. Kelima pilar itu adalah Victor Igbonefo, Ezra Walian, Febri Hariyadi, Bayu Fiqri, dan Aqil Savik. Awalnya pemanggilan itu tentu membikin kekuatan Persib akan berkurang ketika bermain di kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

Tetapi, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, disebut eks pelatih PSM Makassar itu, sudah mengadakan hubungan dengan PSSI dan Timnas Indonesia.

“Teddy sudah berkomunikasi dengan tim nasional dan PSSI yang jelas menyatakan bahwa tim yang lebih dari empat pemainnya terpilih oleh tim nasional tidak perlu melepas pemain tersebut tiga hari sebelum pertandingan,” ujar Robert Alberts setelah memimpin sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Senin (20/09/2021).

Mantan nahkoda Sarawak FA itu menuturkan anak didiknya yang terpanggil ke Skuad Garuda masih mampu tetap bertahan bareng Pangeran Biru untuk mengadakan persiapan duel berikutnya di ajang kasta teratas Indonesia itu meladeni klub asal Samarinda itu nanti.

“Jangan lupa jika lima pemain dipanggil ke Timnas Indonesia, maka itu akan memberikan dampak yang besar. Jadi itu keputusan yang bagus,” ujar pelatih Persib Bandung asal Belanda itu.

advertisement
Persib Bandung Disindir Memiliki 8 Pilar Asing, Seperti Ini Tanggapan Juru Racik Pangeran Biru | admin | 4.5