advertisement

Kiper Persija Jakarta Bertanya Kepada Publik Usai Timnya Kalah dari Arema FC: Oki Dwi Putra Pantas Memimpin Kompetisi BRI Liga 1 atau Tidak?

Tuesday, October 19th, 2021 - berita bola
advertisement

Penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa menyerang wasit Oki Dwi Putra. Dia mempertanyakan kapabilitas sang wasit dalam bertugas di Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

“Berbicara soal wasit, saya tidak ingin menilai wasit. Namun, teman-teman semua bisa menilai, apakah Oki Dwi Putra layak atau tidak memimpin di BRI Liga 1?” kata Andritany pada konferensi pers virtual pasca-laga, Minggu (17/10/2021).

“Sedikit timbul pertanyaan juga buat saya. Mengapa setiap kali Oki Dwi Putra memimpin laga Persija, dia selalu merugikan Persija. Itu sudah beberapa kali.”

“Silakan saja dilihat dari partai-partai Persija sebelumnya yang dipimpin oleh Oki Dwi Putra,” tutur kapten Persija Jakarta ini.

Puncak kepemimpinan kontroversial wasit asal Bandung, Jawa Barat ini terjadi di masa injury time. Dia menganulir brace striker Macan Kemayoran, Marko Simic.

Akibat gol bomber asal Kroasia itu dianggap ilegal, klub Ibukota kalah 0-1 dari Arema FC dalam jornada ketujuh ajang kasta tertinggi Indonesia di Stadion Manahan, Solo, Minggu (17/10/2021).

“Secara hasil, memang ini tidak bagus untuk kami. Sebab, kami semestinya bisa mendapatkan tiga poin dan permainan kami lebih baik dari Arema FC,” tutur Andritany.

Sedikitnya dua kali kinerja Oki Dwi Putra disorot saat memimpin pertandingan Macan Kemayoran.

Perdana pada 2013. Asisten nahkoda Macan Kemayoran saat itu, Blitz Tarigan mengecam kepemimpinan wasit berusia 37 tahun itu ketika menghadapi Persegres Gresik. Sang wasit disebutnya abai kepada permainan keras tuan rumah.

Blitz bahkan melabelkan Oki Dwi Putra bareng dua asistennya bukan sebagai pengadil lapangan bola, melainkan “wasit Thai Boxing”.

Kedua, saat Oki Dwi Putra tidak mengusir keluar winger Semen Padang, Manda Cingi setelah melanggar gelandang Macan Kemayoran, Novri Setiawan pada Kompetisi Liga 1 2019.

Saat itu, pemain berusia 28 tahun ini melanggar gelandang berusia 27 tahun itu, yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Semen Padang, Teja Paku Alam.

Pekan Ketujuh BRI Liga 1

– Persija Jakarta 0-1 Arema FC
– (Carlos Fortes 33′)

advertisement
Kiper Persija Jakarta Bertanya Kepada Publik Usai Timnya Kalah dari Arema FC: Oki Dwi Putra Pantas Memimpin Kompetisi BRI Liga 1 atau Tidak? | admin | 4.5