advertisement

Wejangan Winger Naturalisasi Persija Jakarta Buat Pilar Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri

Tuesday, February 23rd, 2021 - Trending
advertisement

Kiprah Marc Klok di ajang kasta tertinggi di Indonesia terbilang cukup. Ia membawa PSM Makassar, tim perdananya Indonesia, bertengger di papan atas dalam dua musim perdananya yaitu Liga 1 2017 dan 2018.

Puncaknya, bareng klub asal Makassar itu, pilar kelahiran Belanda ini memetik gelar Piala Indonesia 2017/2018. Aksinya sebagai winger jangkar yang kerap melesakkan brace membikin Persija Jakarta tertarik menggunakan jasa sang pilar.

Pemain berusia 27 tahun ini pun resmi berkostum Macan Kemayoran menyongsong Liga 1 2020 berputar. Menilik umurnya yang memasuki periode emas, sang pemain yang telah berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) pada 12 November 2020, berkesempatan besar menembus skuad Timnas Indonesia.

Apalagi sebelum resmi jadi WNI, eks punggawa PSM Makassar ini sudah sempat mengikuti latihan bareng Skuad Garuda. Itulah mengapa sang gelandang amat berkeinginan ajang Liga 1 kembali mampu bergulir.

Ia ingin unjuk kemampuan bareng tim Ibukota supaya mampu memperoleh peluang membela Timnas Indonesia. Sebagai amunisi yang empat musim tampil di ajang kasta tertingi sepak bola Tanah Air, amunisi berpostur tinggi 177cm ini tentu memiliki tersendiri terhadap bakat pilar di Indonesia.

“Indonesia memiliki banyak pemain yang punya kualitas bagus. Yang mereka butuhkan adalah pengalaman bermain pada kompetisi yang teratur,” ujar Marc dalam channel YouTube AFC HUB.

Itulah mengapa pilar kelahiran 20 April 1993 ini memberikan apresiasi kepada sebanyak punggawa Indonesia yang memilih berkarier di luar negeri untuk menimba pengalaman, sekaligus meninggikan kemampuannya.

“Kalau mengikuti atau menjalani semua proses (bermain di klub luar negeri), kemampuan mereka akan berkembang dengan cepat. Tentunya, kondisi ini juga baik buat sepak bola Indonesia itu sendiri,” kata Marc Klok.

Sebagai pilar yang telah merantau meninggalkan Belanda, tanah kelahirannya sejak 2013, mantan winger Dundee itu tentu punya pengalaman penting usai berkiprah di Skotlandia, Bulgaria, dan sekarang Indonesia.

“Awalnya situasinya serba sulit karena saya harus meninggalkan zona nyaman. Tapi, kalau mau berkembang, kita harus membuat keputusan penting yang berguna buat karier di sepak bola,” tegas Marc Klok.

Kultur, makanan dan kehidupan keseharian yang berlainan mampu menjadi halangan tersendiri. Belum lagi cara tampil, kedisiplinan dan profesionalisme yang dipraktikkan sebuah tim pula berlainan.

“Tapi, yakinlah, pilihan bermain di kompetisi yang teratur dan profesional di Eropa atau negara maju Asia akan membuat kemampuan seorang pemain akan berkembang secara alami.”

Secara khusus, ia memberikan saran kepada Bagus Kahfi yang sedang berkarier di Ulrecht U-18 supaya fokus melakoni latihan dan laga bareng tim yang sempat ia perkuat itu.

“Selain kemampuan bermain bakal berkembang, secara pribadi, Bagus akan memiliki kepercayaan diri yang baik,” pungkas Marc.

advertisement
Wejangan Winger Naturalisasi Persija Jakarta Buat Pilar Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri | admin | 4.5