advertisement

Waspada Ombak Besar Di Pesisir Timur Riau, Menurut Penjelasan BMKG

Saturday, December 11th, 2021 - Trending
advertisement

Metalovdeath.com – Ramlan sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Riau, mengingatkan kita semua kalau akan terjadi peningkatan kecepatan angin di pesisir di daerah timur Riau. Hal ini disampaikan oleh Ramlan dalam menanggapi video viral seorang ibu-ibu yang hampir terbawa ombak pada saat sedang merekam untuk konten video. Peristiwa itu terjadi di kepulauan Riau. Ramlan mengaku kalau dia belum mendapatkan informasi soal peristiwa yang terekam dalam video viral itu.

Baca juga artikel : Arc Raiders Merupakan Penembak co-op F2P Baru Dari Veteran Medan Perang Dan Mmedan Pertempuran

” Dengan cara alami di area timur Riau kecekatan angin bertambah beberapa hari ini,” ucap Ramlan saat dihubungi Kompas.com, hari Jumat tanggal 10 Dec 2021. Ramlan menjelaskan, kalau kenaikan kecepatan angin di pantai Riau sebab terdapat benih siklon di Samudera Hindia dan siklon tropis di daerah Samudera Pasifik. Apa akibatnya dengan kenaikan kecepatan angin tersebut? ” Akibat dari melonjaknya kecepatan angin akan mengakibatkan tingginya gelombang laut dan arus, di sisi lain akibat pasang surut air laut oleh posisi Bulan, Bumi dan Matahari, Ramlan menjelaskan.

Faktor ombak Bono Sementara itu, di Riau terkenal dengan ombak Bono. Bono merupakan gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau. Biasanya, gulungan ombak Bono digunakan oleh turis buat berselancar. Walaupun begitu, masyarakat dekat perlu waspada dengan perubahan curah hujan yang saat ini terjadi.” Umumnya ombak besar yang terjadi di Bono dipicu oleh angin dan swell yang terjadi pada waktu-waktu khusus,” kata Ramlan. Ramlan berkata, tidak semua ombak atau gelombang di perairan laut memiliki ukuran yang besar.”

Ombak atau gelombang apabila sedang terjadi di perairan atau laut umumnya lebih kecil dibandingkan di pantai ataupun ditepi sungai,” lanjut ia. Ada pula kisaran ketinggian ombak dapat mencapai 2 m untuk ombak yang timbul di pantai. Imbauan untuk semua warga dengan kejadian ini, Ramlan menegaskan supaya warga waspada terhadap kemampuan timbulnya ombak atau gelombang yang terjadi di pantai ataupun sungai. Janganlah mengambil resiko dalam membuat konten pada saat terjadinya ombak besar.

” Ini yang perlu diwaspadai pada saat kalian membuat konten. Dipikir ombaknya tidak bisa menggulung dirinya alhasil tanpa di sadari bisa membahayakan dirinya sendiri. Ini akan berakibat fatal,” kata Ramlan. Ramlan juga mengimbau kepada semua warga pantai dan bantaran kali supaya lebih tingkatkan kewaspadaan kareana disaat ini sampai menjelang pergantian tahun, curah hujan dan angin cepat sedang berpotensi terjadi. Oleh sebab itu, butuh mengestimasi akibat yang ditimbulkan oleh cuaca berlebihan itu.

advertisement
Waspada Ombak Besar Di Pesisir Timur Riau, Menurut Penjelasan BMKG | admin | 4.5