advertisement

Sergio Van Dijk Berkeinginan Mampu Membawa Punggawa Indonesia Berkarier di Eropa

Thursday, February 4th, 2021 - Trending
advertisement

Eks punggawa Persib Bandung, Sergio van Dijk, sekarang disibukkan dengan pekerjaannya sebagai agen amunisi. Via kesibukkannya ini, ia berniat untuk memboyong pesepak bola Indonesia berkarier di Eropa.

Pria berusia 38 tahun itu saat ini menetap di Belanda setelah angkat koper dari Maung Bandung, pada 2018 lalu. Ia masih aktif tampil sepak bola, tapi cuma di tim amatir.

Tentang alternatif karier bergerak di dunia manajerial usai pensiun dari sepak bola profesional memang sudah diembuskan sejak lama. Pada 2017 misalnya, ia telah mempertimbangkan menjadi manajer.

“Kalau tidak sebagai pemain, saya tertarik tetap berkarier di sepak bola. Seperti di belakang layar untuk jadi manajer,” kata Sergio van Dijk kala masih berseragam Persib.

Impian itu terwujud, setidaknya meskipun tidak sebagai manajer, dengan berlabuh ke agensi punggawa sepak bola yang berada di Belanda. Adapun nama agensi itu yaitu Tevreden Group.

Sudah ada lusinan pilar yang masuk agensi Tevreden Group, dan rata-rata berumur muda. Jelte Pal, pilar berdarah Indonesia, berlabuh pada Oktober 2020 dan sekarang dikontrak Willem II Tilburg.

Pria asal Belanda ini punya mimpi besar, bahwa bakal ada banyak pesepak bola Tanah Air yang berkarier di luar negeri, khususnya di Eropa. Via agensinya, ia berkeinginan impiannya itu terwujud.

Sejauh ini, baru ada beberapa amunisi saja yang berkarier di Eropa. Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Bagus Kahfi tercatat tampil di Benua Biru.

“Sekarang saya sudah menjadi agen pemain sepak bola. Ada beberapa pemain di Liga Belanda, talenta-talenta di klub profesional. Kurang lebih satu tahun saya menggeluti bidang ini, ya akhirnya saya masuk dunia sepak bola lagi,” kata Sergio van Dijk saat sesi bincang daring disadur dari YouTube Yussa Nugraha

“Saya ingin bawa pemain dari usia muda hingga menjadi pesepak bola profesional. Dengan pengalaman saya, penting buat pemain muda tahu apa yang harus dilakukan.”

“Saya mau coba bawa pemain Indonesia, tapi itu tidak gampang. Karena di Eropa ada banyak aturan untuk pemain non-Eropa. Tapi, saya akan cari kesempatan, yang terpenting buat pemain Indonesia kalau mau ke Eropa, harus serius, kuat mental, karena di sini keras,” katanya lagi.

Pria berpostur tinggi 185cm ini merasa jika pilar dari Indonesia wajib berani keluar dari zona nyaman. Kalau Eropa sangat jauh, mampu ke Australia dulu untuk mencoba kekuatan.

“Sulit untuk membawa pemain Indonesia ke Eropa karena regulasi ketat. Mungkin karena saya ada koneksi di Australia, di Adelaide United, mungkin bisa,” katanya lagi.

advertisement
Sergio Van Dijk Berkeinginan Mampu Membawa Punggawa Indonesia Berkarier di Eropa | admin | 4.5