advertisement

Pelatih Persebaya Surabaya Mengungkapkan Kunci Keberhasilan Klubnya Mengalahkan Persija Jakarta

Wednesday, October 27th, 2021 - Trending
advertisement

Persebaya Surabaya sukses melanjutkan catatan tidak terkalahkan menghadapi Persija Jakarta dalam enam duel berturut-turut. Teranyar, klub asal Kota Pahlawan ini menang tipis 1-0 dalam jornada kesembilan Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (26/10/2021) malam.

Sebelum duel ini, Bajol Ijo sudah bertemu empat kali dengan Macan Kemayoran di Liga 1 dan hasilnya dua menang untuk Persebaya Surabaya dan dua imbang. Satu partai lagi berkesudahan kemenangan 4-1 untuk tim kebanggaan Bonek dan Bonita itu di final Piala Gubernur Jatim 2020.

Gol tunggal kemenangan 1-0 atas tim Ibukota ini disumbang oleh Taisei Marukawa pada menit ke-25. Dia sanggup memanfaatkan kesalahan lini belakang Macan Kemayoran, Otavio Dutra dan Rezaldi Hehanusa, sebelum mengecoh penjaga gawang Andritany Ardhiyasa.

Menumbangkan klub kebanggaan Jakmania itu tentu bukanlah faktor gampang lantaran berisi banyak pilar top macam Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Menurut pelatih Persebaya, Aji Santoso, motivasi kuat menjadi kunci kesuksesan klubnya meraih kemenangan duel ini.

“Saya menekan mental pemain sebelum hadapi Persija. Kita tahu skuat Persija dihuni pemain bagus pemain berkualitas. Persebaya Surabaya juga bagus. Mereka harus yakin percaya sama teman sendiri. Dan ini terlihat pada kekompakan kami dalam bertahan dan menyerang,” ungkapnya setelah pertandingan.

Bajol Ijo tampil amat efektif dalam laga ini. Selama babak pertama, mereka mengandalkan serangan yang sering dilancarkan via pemain asal Jepang ini yang beroperasi di sayap kanan. Tapi, serangan itu mengendur di babak kedua.

Peran tiga winger lokal Bajol Ijo pula amat berharga dalam usaha menyamai permainan Macan Kemayoran. Ketiganya adalah Rendi Irwan, Muhammad Hidayat, dan Alwi Slamat. Lalu, Hambali Tolib baru masuk di menit ke-68 mengganti Rendi.

“Stok gelandang kami hanya menyisakan Rendi dan Hambali, ada juga Dicky pemain muda. Saya mengambil keputusan memainkan Rendi sebagai gelandang serang dibantu Hidayat dan Alwi sebagai gelandang bertahan. Alhamdulillah, tiga pemain ini tampil bagus sepanjang pertandingan,” ujar Aji.

Menariknya, Bajol Ijo sesungguhnya kehilangan dua winger tumpuan yaitu Bruno Moreira dan Ricky Kambuaya yang memperoleh larangan berlaga. Jangan lalai ada empat pilar Timnas Indonesia U-23 yang absen, yaitu Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Marselino Ferdinan.

Absennya enam punggawa berharga ini nyatanya tidak membikin kualitas permainan Bajol Ijo menurun. Arif Satria dan rekan-rekan terlihatnya sudah makin menemukan permainan yang sesuai untuk memetik kemenangan.

“Alhamdulillah pertandingan yang cukup menegangkan. Akhirnya kami bisa menang, meski beberapa pemain inti tidak main karena akumulasi kartu. Mudah-mudahan tren positif berjalan di pertandingan berikutnya. Sekarang saya minta pemain fokus pertandingan berikutnya,” ujar Aji Santoso.

Hasil ini membikin tim besutan Aji Santoso ini naik ke urutan ketujuh klasemen sementara dengan mengumpulkan 13 angka. Selanjutnya, Persebaya akan menghadapi Persiraja Banda Aceh dalam jornada ke-10, Minggu (31/10/2021).

advertisement
Pelatih Persebaya Surabaya Mengungkapkan Kunci Keberhasilan Klubnya Mengalahkan Persija Jakarta | admin | 4.5