advertisement

Kabar Soal Varian Corona Omicron Terdeteksi di Kabupaten Bekasi

Thursday, December 9th, 2021 - Trending
advertisement

Metalovdeath.com – Pihak Farmalab Bekasi angkat bicara tentang terkait varian virus corona B.1.1.529 atau Omicron yang dikabarkan terdeteksi di daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Denis selaku koordinator Adminitrasi Farmalab mengatakan, kalau pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi terkait hal tersebut. “Sampai saat ini masih koordinasi dengan pihak Dinkes Kabupaten Bekasi,” kata Denis saat dihubungi Kompas.com, hari Rabu tanggal 8 Dec 2021.

Baca juga artikel : Destiny 2 Mendapatkan Senjata Halo Untuk Peringatan 30 Tahun Bungiehttps://mainonlineasli.com/2021/12/09/destiny-2-mendapatkan-senjata-halo-untuk-peringatan-30-tahun-bungie/

Denis, Dinkes Bekasi yang berha untuk memberikan penjelasan terkait tentang hal ini. Denis berkata, Farmalab tidak dapat melaksanakan pengecekan ilustrasi dengan tata cara whole genome sequencing( WGS).“ Buat Farmalab sendiri hingga dikala ini belum terdapat buat( whole) genome( sequencing),” ucap ia. Tadinya, Maxi Rein Rondonuwu Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan membantah kalau varian virus corona B.1.1.529 atau Omicron sudah di temukan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Beliau berkata, surveilans genomik yang teratur dilakukan Kemenkes belum mengetahui terdapatnya varian Omicron. Surveilans genomik merupakan upaya pencarian dan pemantauan genome virus corona untuk mencegah meluasnya penyebaran virus. “Hingga saat ini belum ada, kami teratur melaksanakan surveilans genomik sekuensing belum ditemukan varian terbaru Omicron,” kata Maxi saat dikonfirmasi Kompas.com, hari Rabu tanggal 8 Dec 2021.

Maxi mengatakan, kalau pihaknya sudah melakukan pengecekan bahwa laboratorium Farmalab tidak bisa melakukan pengecekan sampel dengan metode whole genome sequencing. “Laboratorium Farmalab tidak punya kemampuan untuk melakukan pengecekan genome sequencing, hanya bisa dilakukan di Litbangkes dan GSI Lab, saya sudah cek di litbangkes tidak ada pengiriman sampel dari Farmalab,” kata MAxi.

Sebelumnya, teredar pemberitaan kalau Sri Enny Mainiarti Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi mengatakan, ada empat warga yang ber-KTP Jakarta dinyatakan terpapar virus corona varian Omicron berdasarkan hasil tes Covid-19 di wilayahnya. Keempat orang tersebut disebut menjalani tes virus Covid-19 di Laboratorium Farmalab Cikarang, Kabupaten Bekasi. Setelah itu pernyataan tersebut pun diralat. Pihak Dinkes Kabupaten Bekasi menarik pernyataan yang diluncurkan tersebut.

advertisement
Kabar Soal Varian Corona Omicron Terdeteksi di Kabupaten Bekasi | admin | 4.5