advertisement

Juru Taktik Persipura Jayapura: Peta Persaingan Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 Baru Mampu Dilihat pada Pertengahan Musim. Kok Bisa?

Thursday, August 26th, 2021 - Trending
advertisement

Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 bakal diputar 27 Agustus. Ada tiga laga awal yang bakal dihelat sekaligus menjadi ajang evaluasi pelaksanaan, Kepolisian dan seluruh pihak yang terkait.

Baru kali ini ajang resmi dilaksanakan di tengah wabah virus COVID-19. Tiga partai awal itu adalah Bali United menghadapi Persik Kediri, Persipura Jayapura meladeni Persita Tangerang dan Bhayangkara FC melawan Persiraja Banda Aceh.

Bagi nahkoda Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, dia bersyukur ajang mampu bergulir lagi meski dengan catatan masih bakal dievaluasi usai tiga duel awal. Lantas bagaimana bagi sang pelatih peta persaingan di kompetisi Liga 1 nanti?

“Persaingan di Liga 1 pasti berat. Kekuatan timnya merata. Berkaca dari liga-liga di Eropa. Banyak jagoan yang tidak bisa diprediksi di awal musim. Karena banyak hasil-hasil mengejutkan terjadi. Di Indonesia nanti sama. Apalagi 1,5 tahun tidak ada kompetisi. Jadi, masih butuh adaptasi di awal,” jelasnya.

Juru racik berusia 53 tahun ini memperkirakan kalau peta persaingan di ajang kasta tertinggi Indonesia itu baru mampu dilihat pada pertengahan musim di mana seluruh klub sudah menemukan bentuk permainan terbaiknya.

“Putaran kedua baru bisa ketahui tim mana yang punya kemampuan. Selain itu, kompetisi di tempat netral juga berpengaruh,” sambungnya.

Khusus masalah regulasi kompetisi BRI Liga 1 dihelat ditempat netral, Mutiara Hitam merasa amat siap dengan faktor ini. Arsitek asal Brasil itu menganggapnya itu sebuah keuntungan tersendiri bagi klubnya. Karena Ian Kabes dan rekan-rekan sudah terbiasa tampil di tempat netral.

Seperti yang terjadi musim 2019 lalu. Saat itu mereka wajib tampil di Sidoarjo lantaran Stadion Mandala, Jayapura sedang direnovasi.

“Persipura sudah teruji dalam kondisi seperti ini (bermain di tempat netral). Seperti 2019 lalu kami main di Sidoarjo. Dan akhirnya bisa lolos ke AFC Cup. Pengalaman itu menguntungkan kami. Karena belum tentu klub lian bisa seperti itu. Hal ini yang selalu saya sampaikan kepada pemain,” tegasnya.

Daftar Punggawa Persipura Jayapura:

Penjaga gawang: Fitrul Rustapa, Dede Sulaiman, Geri Mandagi, Mario Londok.

Bek: Donny Monim, Israel Wamiau, Henrique Motta (Brasil), Ricardo Salampessy, Evraim Awes, David Rumakiek, Irsan Lestaluhu, Imanuel Rumbiak, Wulf Hurota, I Nyoman Ansanay.

Gelandang: Nelson Alom, Fridolin Yoku, Muhammad Tahir, Takuya Matsunaga (Jepang), Theo Numberi, Patrick Womsiwor, Todd Ferre, Ian Kabes, Gunansar Mandowen, Ricky Kayame.

Striker: Yohanes Pahabol, Yevhen Bokhashvili (Ukraina).

advertisement
Juru Taktik Persipura Jayapura: Peta Persaingan Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 Baru Mampu Dilihat pada Pertengahan Musim. Kok Bisa? | admin | 4.5