advertisement

5 Penyebab Rambut Rontok Pada Anak

Monday, January 3rd, 2022 - Trending
advertisement

Metalovdeath.com – Penyebab rontok rambut pada anak berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa. Dalam keadaan normal, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan akan jarang mengalami kerontokan pada rambut. Kalau anak mengalami rambut rontok, segera untuk mencari tahu penyebabnya agar kondisi tidak semakin parah. Selain itu, rambut rontok pada anak juga dapat memengaruhi citra diri dan kondisi mental anak.

Baca juga artikel : Promo Cashback Tahun Baru Akan Berakhir Hari Ini

Berikut beberapa penyebab rambut rontok pada anak :

1. Kurap
Diberitakan dari Medical News Today, kurap merupakan penyakit infeksi jamur yang menular di kulit. Kurap menyebabkan ruam merah seperti cincin. Anak-anak mudah terkena penyakit. Infeksi ini dapat terjadi di kulit kepala dan menyebabkan rambut rontok pada anak. Penyakit kurap dapat diobati dengan menggunakan krim anti jamur. Cek kulit kepala rambut anak Anda dan periksakan segera ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

2. Sistem kekebalan tubuh
Penyebab terjadinya rambut rontok pada anak berikutnya adalah alopecia areata. Alopecia areata merupakan kerontokan pada rambut yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang menyerang kantong kelenjar yang kecil di rambut. Keadaan ini menyebabkan kebotakan total atau rambut yang sangat tipis. Beberapa anak juga akan mengalami kerontokan di alis dan bulu mata. Sejumlah perawatan dapat membantu meringankan gejala alopecia areata.

3. Rambut diikat terlalu kuat
Rambut dikepang atau kuncir kuda yang sangat kuat dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan kerontokan pada anak. Keadaan ini dikenal dengan alopecia penarikan yaitu rambut rontok terjadi karena kulit kepala mengalami ketegangan atau tarikan jangka panjang. Kerontokan biasanya akan membaik setelah rambut tidak lagi diikat.

4. Trauma
Trauma fisik akan menyebabkan kerontokan rambut pada anak. Keadaan ini dikenal dengan istilah telogen effluvium. Penyebab dari trauma diantaranya adalah cedera fisik, demam atau infeksi, dan stres emosional.

5. Kurang nutrisi
Kurang gizi juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Kerontokan rambut bisa terjadi karena kurang biotin atau vitamin B kompleks dan zinc. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi yang seimbang. Konsultasikan juga ke dokter kalau Anda memerlukan suplemen tambahan. Itulah yang menyebab rambut rontok pada anak. Selalu cek kondisi tubuh anak setiap hari dan periksakan ke dokter kalau terdapat perubahan seperti rambut rontok yang berlebihan.

 

advertisement
5 Penyebab Rambut Rontok Pada Anak | admin | 4.5