advertisement

Robert Alberts Usulkan PT LIB Menghelat Liga 1 Mengikuti Periode Ajang Eropa

Wednesday, January 20th, 2021 - berita bola
advertisement

Arsitek Persib Bandung, Robert Alberts mengusulkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutar Shopee Liga 1 2021 seperti periode liga-liga Eropa.

Selain itu, nahkoda asal Belanda ini pula menyarankan PSSI menghelat event sebagai pemanasan menuju ajang kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim 2021.

Event itu mampu dihelat Maret atau April 2021 sehingga tim mampu bersiap dan mulai mencari leguin asing. Apabila Liga 1 dimulai Maret, sangat tergesa-gesa.

Terlebih, seluruhnya tahu bahwa saat ini, tim akan susah mencari pilar asing lantaran kebijakan masuk Indonesia.

“Jadi coba dimulai dengan turnamen, supaya semua klub bisa memulai lagi latihan dan klub juga bisa mulai bermain lagi di laga kompetitif sambil bersiap menghadapi liga yang sebenarnya,” jelas Robert Alberts saat dihubungi awak media, Selasa (19/1/2021).

Selain itu, kalau ajang Agustus, saat ini telah tahu hasil dari vaksin dan bagaimana penanganan Corona, tidak cuma di Tanah Air tapi di dunia.

“Jika Indonesia bisa mengikuti jalannya musim seperti di Eropa saya rasa akan ada banyak kemudahan untuk Indonesia. Kami tak bisa lupa di Eropa ada musim panas di November, Desember, Januari, Februari ada musim dingin, empat bulan musim dingin di sepak bola yang mungkin menghentikan kompetisi karena kondisi musim dingin,” ucap Robert.

“Tapi di Indonesia kami tidak punya itu meski ada musim hujan. Pada prinsipnya kami bisa memainkan laga sepanjang musim kompetisi di iklim yang ada,” tambah pelatih Persib Bandung asal Belanda ini.

Eks pelatih PSM Makassar itu menambahkan, dengan mengikuti metode periode di Eropa seperti musim 2021/2022 pada Agustus-Mei, bakal ada keuntungan yang diperoleh Indonesia.

Transfer window yang sama dengan Eropa dan lebih tampang menyesuaikan dengan kalender FIFA seperti turnamen besar.

“Saya rasa demi kebaikan, mulai turnamen pada akhir Maret atau awal April hingga Juni atau Juli, setelah itu klub bisa bergerak lagi seperti mulai mengontrak pemain termasuk pemain asing dengan kualitas yang bagus dan bisa fokus serta menyiapkan pramusim yang bagus supaya bisa kembali bermain di liga 1 pada Agustus 2021,” ungkap Robert mengakhiri.

advertisement
Robert Alberts Usulkan PT LIB Menghelat Liga 1 Mengikuti Periode Ajang Eropa | admin | 4.5