advertisement

Piala Menpora 2021: Pelatih Persib Bandung Mengakui Susah Kumpulkan Pilar

Wednesday, February 24th, 2021 - berita bola
advertisement

Arsitek Persib Bandung, Robert Alberts, menyambut manis turnamen Piala Menpora 2021 yang konsepnya dihelat 20 Maret-25 April. Tetapi, ia meladeni tugas besar untuk mengumpulkan punggawa.

Sudah nyaris setahun, Pangeran Biru tidak merasai atmosfer laga. Pada Shopee Liga 1 2020, Maung Bandung baru menjalani tiga partai, tetapi mandek karena wabah virus Corona, tepatnya Maret 2020.

“Kami akan mulai dengan sebuah harapan bahwa akan kembali berlatih dan merupakan hal paling penting tidak hanya bagi pemain, tapi juga bagi ofisial, klub, sponsor, dan para suporter,” ujar Robert saat dihubungi awak media, Selasa (23/02/2021).

Dengan adanya event itu, sepak bola Indonesia kembali hidup. Tetapi, juru racik berusia 66 tahun ini menilai jadwal untuk turnamen Piala Menpora 2021 tidak ideal.

“Dari sudut pandang teknis, kami sudah selama satu tahun tidak berlatih dan bertanding secara kompetitif. Sekarang, mereka berharap kami bisa siap dalam waktu tiga pekan ke depan ketika turnamen digelar pada 22 Maret,” jelas Robert.

Manajemen klub asal Kota Kembang itu bakal mengumpulkan amunisi usai jadwal Piala Menpora diumumkan.

Nahkoda asal Belanda ini pun mengaku bakal mengalami kesusahan untuk mengumpulkan pilar Maung Bandung yang tersebar di semua Indonesia, terutama legiun asing seperti Nick Kuipers (Belanda), Omid Nazari (Swedia), Wander Luiz (Brasil).

“Kami juga harus memastikan para pemain tersebut dinyatakan negatif Covid-19. Jadi ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum memulai latihan,” terang Robert.

Bahkan eks pelatih PSM Makassar itu menilai turnamen Piala Menpora RI 2021 sebaiknya dihelat usai Hari Raya Idul Fitri atau tepatnya pada pertengahan Mei atau Juni.

Menurut mantan juru latih Serawak FA ini, dengan jadwal itu, semua klub, termasuk Pangeran Biru punya banyak waktu untuk menyiapkan diri, mencari amunisi, sampai memberi masa kerja anyar.

Tidak cuma itu, mantan arsitek Arema itu pun telah mengajukan gagasan supaya Piala Menpora 2021 dihelat dengan durasi 3×30 menit supaya para pilar tidak mengalami kepenatan dan terhindar dari risiko cedera.

“Kami pun telah mengajukan ide tersebut tapi tidak ada seorang pun yang mendengarkan, kami mempertanyakan kenapa turnamen itu digelar terlalu dini di bulan Maret, tapi kami tetap harus siap untuk itu,” ungkap Robert.

Meskipun begitu, eks juru racik Home United ini bakal segera mengumpulkan para amunisinya dan memaksimalkan waktu untuk menjalankan persiapan meladeni Piala Menpora 2021.

Ia pun berkeinginan turnamen Piala Menpora berjalan lancar dan berhasil sehingga Liga 1 2021 mampu dijalankan.

“Setelah turnamen, kami bisa menjalani masa pramusim selama satu setengah bulan dan memulai Liga di awal Agustus nanti. Itu pun selaras dengan jadwal rehat di sepak bola Eropa karena kami juga mengikuti kalender FIFA yang mungkin juga digelar di Indonesia,” ungkap Robert mengakhiri.

advertisement
Piala Menpora 2021: Pelatih Persib Bandung Mengakui Susah Kumpulkan Pilar | admin | 4.5