advertisement

Pemerintah Melarang Tenaga Kerja Asing Masuk ke Indonesia, PSSI Melaporkan Nasib Juru Racik Timnas Indonesia ke Menpora

Friday, July 23rd, 2021 - berita bola
advertisement

Shin Tae-yong terancam tidak bisa balik ke Indonesia. Pasalnya, pemerintah resmi melarang Warga Negara Asing (WNA), termasuk Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk masuk ke Indonesia per 21 Juli 2021.

PSSI sudah menjadwalkan kepulangan pelatih asal Korea Selatan itu pada 05 Agustus 2021. Sang nahkoda saat ini tengah berada di negara asalnya, Korea Selatan untuk check-up kesehatan dan berobat.

Menteri Hukum dan Ham (Menkumham), Yassona Laoly baru saja memperbaiki Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 menjadi Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 mengenai Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Dalam peraturan anyar itu, TKA yang menjadi bagian dari proyek strategis nasional kali ini dilarang hadir ke Indonesia.

Juru taktik Timnas Indonesia ini sempat diladeni keadaan seperti ini pada Juli 2020. Tetapi lantaran dianggap sebagai TKA dari proyek strategis nasional, maka sang nahkoda mampu masuk ke Indonesia.

Di tengah peraturan anyar ini, PSSI berkeinginan arsitek berusia 50 tahun itu masih diizinkan balik ke Tanah Air. “Semoga Shin Tae-yong masih bisa masuk Indonesia,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, kepada Bola.net, Kamis (22/07/2021).

PSSI berencana berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali terkait peraturan teranyar ini. PSSI penuh harapan eks pelatih Timnas Korea Selatan itu dapat pengecualian merujuk Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 mengenai Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

“Kami akan konsultasikan hal ini ke Pak Menpora,” ucap Yunus.

“Bisa saja Shin Tae-yong kembali ke sini sebab kami memakai Inpres Nomor 3 tahun 2019,” tutur pria asal Gorontalo itu.

Disadur dari Liputan6.com, ada lima kategori TKA yang diizinkan masuk ke Indonesia. Perdana, orang asing yang menggenggam Visa diplomatik.

Kedua, orang asing pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas. Ketiga, orang asing pemegang izin tinggal terbatas.

Keempat orang asing dengan izin tinggal tetap. Kelima, orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan misalnya dokter-dokter dalam rangka untuk penanganan Corona, petugas-petugas laboratorium yang berkaitan dengan kemanusiaan.

Termasuk untuk awak angkut pesawat baik darat udara maupun laut ini diizinkan wajib memperoleh rekomendasi dari kementekementerian lembaga terkait serta memenuhi ketentuan protokol kesehatan Corona, seperti bukti tes swab PCR dan mengadakan karantina.

Pada Juli 2020, eks juru latih Seongnam Ilhwa Chunma itu sempat diladeni masalah yang sama. Tetapi, sang pelatih terbantu statusnya sebagai pekerja proyek strategis nasional.

“Karena dia datang ke sini termasuk kategori orang asing yang akan bekerja pada proyek strategis, saya kira tidak ada masalah. Kami juga akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk proses ia kembali ke Indonesia,” kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Nahkoda jebolan Piala Dunia 2018 ini konsepnya bakal memimpin TC Timnas Indonesia pada awal Agustus 2021 untuk persiapan babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

advertisement
Pemerintah Melarang Tenaga Kerja Asing Masuk ke Indonesia, PSSI Melaporkan Nasib Juru Racik Timnas Indonesia ke Menpora | admin | 4.5