advertisement

Pelatih PSM Makassar Mengungkapkan Resep Jitu Juku Eja Mengalahkan Persija Jakarta

Tuesday, March 23rd, 2021 - berita bola
advertisement

PSM Makassar membikin kejutan pada matchday 1 Grup B Piala Menpora, Senin (22/03/2021). Di Stadion Kanjuruhan Malang, Juku Eja menaklukkan Persija Jakarta dua gol tanpa balas berkat aksi Patrich Wanggai dan Yakob Sayuri.

Hasil ini membalikkan anggapan tim kebanggaan Jakmania itu yang materi skuat lebih baik akan dengan mudah menumbangkan PSM Makassar yang murni mengandalkan pilar lokal.

Dalam sesi jumpa media setelah laga, Syamsuddin mengungkapkan kiat dirinya untuk mengangkat permainan klubnya. Menurut sang arsitek, kunci keberhasilan klubnya berkat kerja keras serta motivasi tinggi yang diperlihatkan amunisinya sepanjang laga.

“Sebelum pertandingan, saya tekankan kepada pemain bahwa ini kesempatan terbaik buat mereka unjuk kemampuan menghadapi tim yang bermaterikan pemain lokal berkualitas dan asing,” kata Syamsuddin.

Kalimat motivasi dari pelatih PSM Makassar itu membikin Zulkifli Syukur dan rekan-rekan bermain agresif dan militan untuk meredam keunggulan teknik yang dimiliki Macan Kemayoran.

“Instruksi yang saya berikan terkait strategi juga umum layaknya tim yang tak diunggulkan. Saya hanya meminta pemain yang terdekat dengan bola agar berusaha merebutnya dari lawan,” terang Syamsuddin.

Pernyataan Syamsuddin itu sekaligus menepis anggapan dirinya sengaja memberi arahan khusus kepada pilarnya untuk mematikan Marc Klok, motor sektor serang tim Ibukota.

“Memang dalam berbagai momen terlihat Rasyid Bakri dan Sutanto Tan selalu dekat dengan Marc Klok. Itu karena posisi mereka sama-sama di tengah. Intinya, tidak intruksi khusus untuk mengawal ketat Marc Klok,” tegas mantan pemain PSM Makassar itu.

Pada sesi jumpa media, Syamsuddin sengaja membawa Yakob Sayuri sebagai bentuk apresiasinya kepada striker sayap yang menciptakan masing-masing satu gol dan satu assist pada duel meladeni Persija.

“Secara umum, saya puas dengan penampilan seluruh pemain. Tapi, secara pribadi saya mengapresiasi penampilan Yacob pada laga tadi,” kata Syamsuddin.

Syamsuddin pun mengungkapkan dirinya pula sudah mempersiapkan taktik lain kalau pemain asal Yapen itu bakal memperoleh penjagaan khusus pada dua partai sambungan. Terutama ketika tim besutan Syamsuddin Batola ini melawan Bhayangkara Solo FC pada matchday 2 Grup B di Stadion Kanjuruhan Malang, 27 Maret mendatang.

“Tentu saya akan merancang strategi lain menghadapi lawan yang berbeda.”

Pemain berusia 23 tahun ini menerangkan siap bermain lebih baik pada duel berikutnya.

“Saya tentu akan berkerja lebih keras lagi. Sebagai pemain, saya tinggal jalankan intruksi pelatih dan bekerja keras sepanjang laga,” pungkas Yakob yang baru saja menjalani pemusatan latihan tim nasional Indonesia U-23 persiapan Sea Games 2021 ini.

advertisement
Pelatih PSM Makassar Mengungkapkan Resep Jitu Juku Eja Mengalahkan Persija Jakarta | admin | 4.5