advertisement

Kursus Linsensi Kepelatihan Selesai, M. Syaifuddin: Enggak Mudah Menjadi Juru Racik

Thursday, February 4th, 2021 - berita bola
advertisement

Lini belakang Persebaya Surabaya, M. Syaifuddin, sukses menuntaskan kursus lisensi kepelatihan C PSSI yang berlangsung di Kota Malang, Jawa Timur. Bareng dua teman seskuatnya di Bajol Ijo, Hansamu Yama Pranata dan Oktafianus Fernando, M. Syaifuddin melewati tahapan yang diperlukan untuk memperoleh modal masa depannya.

Selama dua pekan mengiringi kursus kepelatihan, amunisi asal Surabaya ini memperoleh begitu banyak pengalaman. Bahkan sang amunisi kaget lantaran menjadi juru taktik tidak segampang yang dibayangkannya.

“Ternyata menjadi seorang pelatih itu sulit dan harus banyak belajar,” ujar Syaifuddin kepada Bola.net.

Tetapi, bek berusia 28 tahun itu tidak bakal menyerah untuk menjadi arsitek profesional pada akhir nanti. Itu juga yang menjadi alasannya untuk kursus kepelatihan lebih dini.

“Tetap kalau bisa melanjutkan karier sebagai pelatih hebat, makanya mengambil krusus kepelatihan sejak masih muda. Agar ketika nanti sudah pensiun bisa langsung melatih,” tegas bek Persebaya Surabaya itu.

Atas dasar harapan itu, kalau ada peluang lagi pilar berpostur tinggi 178cm ini tidak bakal bimbang untuk meninggikan ilmu kepelatihannya. Tetapi, untuk sementara ini ia ingin fokus dulu sebagai amunisi profesional, terutama bareng klub asal Kota Pahlawan tersebut.

“Namun, melihat situasi dan kondisi juga,” ujar jebolan program SAD Indonesia di Uruguay itu.

Sementara itu, di sisi lain sebagai eks amunisi PSS Sleman itu ingin memperoleh manfaat dari keikutsertaannya dalam kursus kepelatihan. Sehingga akhirnya nanti mampu mengerti apa yang menjadi harapan seorang juru latih dari para punggawanya.

advertisement
Kursus Linsensi Kepelatihan Selesai, M. Syaifuddin: Enggak Mudah Menjadi Juru Racik | admin | 4.5