advertisement

Alasan Winger Persija Jakarta Mengutamakan Diri Menjadi Pelayan Penyerang di Timnya

Monday, February 15th, 2021 - berita bola
advertisement

Lini tengah Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, mengaku lebih mengutamakan tugasnya sebagai ‘pelayan bomber’, yaitu memberi assist daripada menyumbangkan brace. Sang pilar sadar, sebagai winger sayap tugas utamanya adalah memanjakan para ujung tombak.

Tidak dapat dimungkiri, pilar asal Sumatra Utara ini menjadi satu dari sedikit pilar yang kerapkali memberi assist di Shopee Liga 1. Sejauh ini, sang pemain sudah membuat 18 assist untuk tim Ibukota.

Kelincahan dan kecepatan berlari yang dipunyai amunisi berusia 29 tahun itu dipadukan dengan sepakan akurat membikin operannya kerap dimaksimalkan bomber Macan Kemayoran, terutama Marko Simic, menjadi gol. Faktor itulah yang membikin sang gelandang bahagia mampu turut memiliki andil dalam proses brace klub kebanggaan Jakmania tersebut.

“Jika harus memilih antara membuat assist atau mencetak gol, saya lebih pilih bikin assist. Itu jadi sesuatu yang bisa membuat saya senang.” kata Riko seperti dikutip situs resmi klub, Minggu (14/02/2021).

“Sebelum terjadi gol pasti ada prosesnya kan. Itulah mengapa saya senang jika terlibat dalam proses gol tersebut dan membantu teman mencetak gol. Saya senang jika bisa melakukan keduanya, tapi kalau disuruh pilih saya lebih suka membuat assist,” tegas Riko.

Pada Shopee Liga 1 2020, gelandang berpostur tinggi 158cm itu sudah membuat dua assist dalam dua partai yang dimainkannya bareng Macan Kemayoran. Assist itu dimaksimalkan menjadi brace oleh Marko Simic dan Evan Dimas ketika meladeni Borneo FC pada pertandingan pembuka musim.

Pemain bernomor punggung 25 ini punya catatan mentereng di ajang kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang dicatatkan pada musim 2019. Saat itu, sang pilar menjadi amunisi perdana yang sukses menorehkan catatan assist dalam lima duel berturut-turut bareng Macan Kemayoran.

Mantan winger sayap Semen Padang itu mengaku bahagia dengan pencapaiannya saat itu. Menurut dia, telah sewajarnya seorang lini tengah sayap mengadakan tugasnya dalam memanjakan para bomber dengan operan-operan akurat.

“Mungkin karena posisi saya juga di sayap ya. Jadi menurut saya, kalau prioritas utama sayap itu kan memberi umpan, crossing, ke teman-teman di daerah penyerangan. Ketika memberikan umpan dan umpan tersebut bisa dikonversikan jadi gol tentu ada kepuasan tersendiri buat saya,” ucap Riko.

advertisement
Alasan Winger Persija Jakarta Mengutamakan Diri Menjadi Pelayan Penyerang di Timnya | admin | 4.5